Kritik dan Esai Sastra - Cerpen Burung Gagak di atas Orchard Road

Kelebihan dan Kekurangan Cerpen

Kelebihan dalam cerpen yang pertama adalah ceritanya bagus, dari awal hingga akhir pembaca seakan larut dalam cerita karena selalu dibuat penasaran seolah kejadian yang ada di cerita tersebut dialaminya. Dengan alur maju mundur atau campuran, pengarang seakan mengajak pembaca untuk bereksplorasi dan berpikir kembali dengan mengaitkan kejadian-kejadian di setiap paragraf.
            Kelebihan yang lainnya adalah, bahasa yang digunakan pengarang bagus, lugas dan jelas sehingga mudah dimengerti oleh pembaca. Dan sepengetahuan saya pengarang adalah seorang cerpenis yang sudah malah melintang selama puluhan tahun dengan sederet karya yang mengundang dercak kagum, salah satunya adalah kumpulan cerpen dalam judul “Asap Rokok Di Jilbab Santi”.
Kekurangan pertama, di dalam isi cerpen tidak disebutkan nama tokoh utama, yakni yang berperan sebagai pembunuh bayaran, serta tidak dijelaskan pula motif pelaku dalam menjalankan tugas yang bergaji besar tersebut. Mungkin hal tersebut sengaja dilakukan oleh pengarang karena pengarang tidak ingin salah paham terjadi apabila sebuah nama baik pelaku utama maupun pihak terkait.
Hal lain yang membuat pembaca sempat bertanya adalah, untuk apa dan dengan tujuan apa seseorang yang juga tak disebutkan namanya berani membayar seseorang guna membunuh orang lain, entah karena balas dendam, bisnis, ataupun kekuasaan. Karena dalam cerita sempat dijelaskan korban pembunuhan bekerja di instansi pemerintah. Dan juga kalaupun seorang berani dibayar untuk melakukan tindak kejahatan dan disebut pembunuh kelas kakap, harusnya ia bekerja sendirian, karena dengan begitu ia bisa lebih mudah losos dan tanpa meninggalkan jejak, karena kita tahu tidak semua orang mau diajak bekerja sama dalam hal kejahatan kelas atas apalagi partner tersebut belum pernah melakukannya sekalipun, ini sama halnya tidak profesional.
            Dan yang terakhir, jenis cerita seperti ini sudah umum dan sering dibaca oleh semua pihak, bahkan anak-anak yang gemar nonton film detektif dan superhero juga tak akan kaget dan kemungkinan besar mereka sudah bisa paham jalan cerita walaupun membaca cerita ini sekali.

0 comments:

Post a Comment

gunakan kata-kata yang baik, dan dilarang SPAM. terima kasih.. ^^